Kasi Pidsus Kejari Tangerang Hengkang?

Posted: 25 December 2009 in Berita

Tangerang, K-PK,
Kabar hengkangnya Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) kejaksaan negeri Tangerang, Rakhmat Harianto, SH. Akhir-akhir ini semakin santer terdengar. Informasi tersebut bukan hanya menjadi buah bibir dikalangan masyarakat, akan tetapi dalam lermbaga itu juga saat ini tengah ramai diperbincangkan. Publik makin penasaran akan benar tidaknya jaksa tersebut dicopot dari jabatannya, sehingga memunculkan berbagai spekulasi. Sebagian pihak mengatakan bahwa Kasi Pidsus tersebut telah dicopot, di lain pihak menginformasikan Kasi Pidsus tersebut dipindah tugaskan dengan jabatan yang berbeda.
Berdasarkan informasi dari sejumlah sumber di Kejari Tangerang saat ditemui wartawan media ini beberapa waktu lalu, mereka membenarkan informasi itu. Bahkan secara rinci sumber tersebut menjelaskannya. “ Sekarang Rakhmat sedang kemas barang-barangnya. Saya dapat informasi, dia dipindah tugaskan di wilayah Kab. Tangerang sebagai Kasi Intel,” ujarnya.
Mendengar informasi hengkangnya Rakmat Harianto, SH. Sebagai Kasi Pidsus sejumlah tokoh masyarakat, LSM, dan praktisi hukum menyambut dengan suka cita. Pasalnya, mereka menilai kinerjanya selama dua tahun mejabat di Kab. Tangerang ini sangat buruk. Dan bahkan sejumlah kasus laporan masyarakat yang ditanganinya selama ini banyak yang tidak tuntas. Diantaranya kasus PT. Cipendawa Farm Enterprise tbk. Kasus pelepasan hak atas tanah milik Negara seluas 35.057 m2 yang berlokasi di Jatake Kota Tangerang, yang diduga merugikan Negara sebesar Rp.9,9 Miliar hingga hari ini tersendat. Kuat dugaan Kasi Pidsus tersebut terlibat dalam kasus itu, sehingga penanganannya disinyalir sengaja dibuat tidak jelas status hukumnya.
“ Kami bersyukur, jika informasi itu benar. Kami justru menginginkan dia itu dicopot dari jabatannya bukan dipindah tugaskan didaerah hukum yang sama. Kalau mau melakukan perampingan dan perubahan, jangan mutasi diwilayah hukum yang sama, dan harus ada pengganti baru dari luar wilayah hukum Prov. Banten yang belum terkontaminasi dengan para koruptor didaerah ini, atau kandidat-kandidat lain yang memiliki track record bagus dan kwalitas kerjanya sudah teruji. Kami menilai bahwa penegakkan hukum selama ini belum memberikan unsur keadilan terhadap masyarakat, terkait dengan pemberantasan tindak pidana korupsi,“ ungkap Koordinator LSM KIPANG, Haris AB dan Praktisi Hukum dari LBH Mata Hati, Syaiful Hidayat, SH. MH, saat dimintai komentarnya baru-baru ini.
Dikonfirmasi wartawan media ini melalui pesan singkat (SMS) kepada Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang, Suyono, SH, seputar kebenaran informasi dicopotnya salah satu anak buahnya (Kasi Pidsus) yang kini tengah menjadi buah bibir sejumlah kalangan di Kab./Kota Tangerang. Pihaknya membalas SMS dengan jawaban belum tahu. “Saya belum tahu,” kata Suyono dalam pesan singkatnya, Rabu (16/12) lalu.
Aneh bin ajaib, mengapa informasi tersebut lebih dahulu diketahui oleh bawahannya? Sedangkan dirinya sebagai pimpinan di Kejari Tangerang ini belum mengetahuinya. Apa yang sedang terjadi didalam lembaga itu sekarang? Apakah pimpinan Kejari Tangerang berpura-pura tidak tahu, ataukah memang dia sengaja tidak ingin memberitahukan informasi itu ke publik karena terlanjur malu karena boroknya terbongkar? Hanya tuhan lah yang tahu. Din Al Bima

Comments
  1. Fatih says:

    klo dpecat bgus, tp klo emg tuduhanny bnr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s